• Pages

  • Categories

  • Archives

  • Sponsored

  • Top Posts

  • Recent Comments

  • Blog Stats

    • 5,082 hits

Sistem Operasi (Operating System)

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Perbedaan Windows dengan Macintosh

Kelebihan Windows selama ini terletak pada itemnya yang friendly karena banyak digunakan oleh para pengguna IT di seluruh dunia, sedari kecil sejak mengenal computer kita sudah dibiasakan dengan Windows, jika hang kita juga bisa dengan mudah memperbaikinya karena banyak ahli windows disekitar kita

Kelemahan Windows selama ini adalah karena ia mudah diserang virus, hal ini wajar karena ia banyak digunakan oleh para IT User jadi banyak orang sudah mengerti tentang bahasa programnya. Ia juga tidak bisa dikembangkan secara mandiri dan harus menunggu Microsoft, tidak ada source code-nya, disamping itu pula ia dikenal sebagai OS yang mudah hang walau juga dikenal mudah untuk memperbaikinya, hardware conflict adakalanya terjadi pada Windows karena ia bisa di injekkan pada computer rakitan.

Macintosh selama ini mempunyai kelebihan dalam kinerja pembuatan desain, musik, dan film. Tidak bisa dibayangkan bagaimana ribetnya jika kita melakukan semua itu lewat Windows. Macintosh hingga saat ini memang lebih banyak menunjuk pada tiga hal tersebut. Tapi selain itu Mac juga dikenal sebagai OS yang eye catching, tidak terjadi hardware conflict karena sudah satu paket dengan Mac OS, ia juga tidak rentan virus.

Kelemahannya karena keeksklusifan satu paketnya membuat kita harus mengeluarkan biaya banyak,padahal dirumah kita sudah memiliki computer misalnya tentu kita harus membeli computer lagi. Selain itu hampir sama dengan linux, untuk menggunakan Mac kita juga harus belajar ekstra karena banyak system pengoperasian yang tidak familiar bagi pengguna IT awam.

Teknologi Sistem Operasi

Booting

Booting adalah istilah teknologi komputer dalam bahasa inggris yang mengacu kepada proses awal menyalakan komputer dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status mikroprosesor/prosesor disetting reset.

Thread

Thread dalam ilmu komputer adalah singkatan dari “thread of execution”, didefinisikan sebagai sekumpulan instruksi yang dapat dieksekusi secara paralel dengan thread lainnya, dengan menggunakan metode time slice (ketika satu prosesor melakukan perpindahan antara satu thread ke thread lainnya) atau multiprocess (ketika thread-thread tersebut dieksekusi oleh prosesor yang berbeda dalam satu sistem).

Device driver

Device driver adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangk. at keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi.

Sumber

Buku Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi, karangan Andi

http://id.answers.yahoo.com/question/

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

http://id.wikipedia.org/wiki/

Leave a comment